5 Merpati Hias Jenis Kipas Yang Ada di Indonesia


Jenis merpati hias kipas termasuk jenis yang lumayan banyak di Indonesia. Jenis ini banyak peminatnya untuk kalangan pemula pecinta merpati hias di indonesia cukup populer bahkan mereka pertamakali terpesona dengan kecantikan bulunya ini, termasuk saya pribadi.

Sebagai pemula pecinta merpati hias awalnya menyukai jenis merpati hias ekor kipas ini, namun ternyata jenis ekor kipas ada banyak ya, seperti pada penjelasan 5 Merpati Hias Jenis Kipas Yang Ada di Indonesia berikut ini :


Indian Fantail

Merpati hias jenis kipas indian fantail berciri ekor mengembang besar, berjambul lancip dikepala, dan kakinya berbulu lebat/bersimbar. Didalam kontes merpati hias untuk jenis merpati kipas Indian fantail yang pointnya bagus adalah yang proporsional atau seimbang antara bodi, ekor, kaki, dan keseluruhan tubuhnya, ekornya mengembang lebar/sempurna, bukan yang ekornya corong kebelakang atau yang ekornya terlalu maju.

KLIK DISINI Untuk Lebih Banya Melihat Foto Merpati Hias Indian Fantail 


Kepala juga tegak lurus keatas kalau ditarik garis lurus paruh jatuh pada jari depan merpati, simbar lebat/bulu kaki lebat, bodi besar, bukan yang kepalanya yang nyelam kebelakang/ditarik kebelakang sampai menyentuh ekor, dan bahkan yang kepala gethar itu malah diskualifikasi kalau bener bener mengacu pada point point kriteria kontes tersebut diatas. Baca Selengkapnya >> Kriteria Penilaian Kontes Merpati Hias Indian Fantail.  

American Fantail
Merpati hias jenis american fantail seperti halnya jenis jenis merpati hias lainnya yang dikembangkan melalui teknik selektif breeding, merpati ini di tidak jauh berbeda dengan indian fantail yang berasal dari india berciri khas pada ekor yang mengembang, dan dikembangkan lagi di america dengan spesifikasi yang berbeda dari standart indian fantail.
Merpati hias jenis kipas american fantail ini termasuk dalam kelompok jenis merpati kipas/fantail, selain  ekornya yang mengembang posisi kepala juga nyelam/tarik kebelakang dan terposisikan enak diatas pinggang burung. Dada membusung kedepan selaras dengan tiga jari kaki didepan. Beda dengan indian fantail yang ujung jarinya selaras/segaris vertikal dengan paruh burungnya.
Didalam kontes bila didapati nilai (point score) yang sama untuk menentukan siapa juaranya adalah dengan menimbang mana yang lebih ringan dialah pemenangnya beda dengan penilaian indian fantail, untuk penilain merpati indian fantail bila didapati score yang sama maka dicari burung yang lebih berat.

English Fantail
Merpati hias jenis english fantail ini juga tidak jauh berbeda dengan merpati kipas lainnya, atau lebih mirip lagi dengan american fantail karena sama sama nyelam dan kaki tidak berbulu, merpati ini juga asalmuasalnya dari jenis indian fantail yang dikembangkan secara selektif breeding.
Merpati english fantail selain ekor lebih besar , bodi lebih bulat dan kaki lebih pendek, Pada bulu bulu sekitaran paha burung terlihat bulu bulu yang lebih tebal, hingga menjadikannya burung yang anggun dan menawan.

Mini Indian Fantail atau Mindian Fantail

Merpati  mini indian fantail atau biasa disebut minidian fantail sengaja dikembangkan dari jenis indian fantail yang berbentuk kecil atau mini, hal ini dikarenakan bentuk indian fantail dianggap terlalu besar dan orang orang disekitaran pantai barat arizona menginginkan miniatur dari bentuk aslinya itu. Dari bobot sebelumnya yang sekitaran 18 s/d 22 ons menjadi dibawah 12 ons, jadi sekitar separuh dari bentuk aslinya.



Dari sinilah merpati minidian fantail berkembang, dan pada tahun 2012 resmi menjadi bagian dari organisai merpati hias internasional NPA (national pigeon asosiation), sedangkan kriteria penilaian kontesnya mengacu pada point point  indian fantail.


Sekedar catatan di indonesia jenis ini kurang diminati, jadi untuk jenis ini belum ada importir yang membawa masuk ke dalam negeri, atau mungkin peternak di indonesia bisa menghasilkannya sendiri dengan materi yang sudah ada? Selamat mencoba.

Volga Tumbler atau Russian Volga
Merpati ini sekilas mirip mirip merpati jenis kipas/fantail lainnya, namun merpati hias volga tumbler merupakan jenis sendiri dari ke empat merpati kipas diatas, merpati ini berasal dari rusia dan biasa disebut rusian volga atau merpati dari rusia.
Dengan postur sedang, kepala ada yang berjambul ada yang polos, ber motif putih dibawah paruhnya, sedangkan paruhnya berukuran kecil/pendek, sayap menjuntai kebawah. Merpati  volga tumbler  ini termasuk merpati hias yang berbodi/berbadan sedang, ekor terangkat keatas, kaki pendek dan bersimbar.  Dan motif moon spot/pola renda putih pada ekornya mejadi salah satu dari keindahan jenis merpati ini.

5 Merpati Hias Jenis Kipas Yang Ada di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Merpati Hias Jogja