pasang

Pasir Sebagai Media Sarang Ternak Merpati Hias

Sebenarnya sih ada begitu banyak pilihan untuk di jadikan sarang sebagai media beternak merpati hias. Di antaranya beberapa pilihan media mengeram buat sarang merpati antara lain sabut/rumput, jerami padi, kain, ranting kayu, bubuk kayu (grajen/serbuk bekas gergajian kayu) dan lain-lain.

Menggunakan media Pasir sebagai sarang ternak merpati hias memiliki banyak kelebihan di bandingkan media sarang pada umumnya, penggunaan pasir sebagai media ternak merpati hias ini jarang di ketahui oleh banyak orang.

Foto Penggunaan Pasir Sebagai Media Sangkar Merpati Hias - Pawiro Brid Farm

Aplikasi pada kenyataanya tidak hanya untuk ternak merpati hias saja, media pasir sebagai sarang ternak merpati jenis apa saja baik merpati pos / merpati racing, merpati balap / merpati tleser, merpati endemik, merpati pedaging, merpati kolongan, Merpati tomprangan dan Merpati Tinggian.

Selain Pasir melimpah dan murah di negeri ini, juga mudah di temukan hampir semua jenis pasir bisa kita gunakan sebagai sarang beternak merpati seperti pasir laut, pasir pantai, pasir sungai, pasir bahan bangunan, pasir putih, bahkan dibeberapa daerah gratis tinggal keruk saja secukupnya.

Media pasir selain di gunakan untuk mengeram Merpati Hias juga berfungsi sebagai alas telor bisa juga berfungsi sebagai great/asinan merpati hias, sehingga peternak tidak perlu repot repot menambah wadah lagi buat tempat great.

Great atau asinan sangat penting untuk Merpati Hias selain sebagai pembantu menggilas makanan di temboloknya juga sebagai tambahan asupan kalsium merpati.
   
Nah, Berikut beberapa keistimewaan media pasir sebagai sarang Merpati Hias :

1. Selain Pasir sebagai media sarang juga berfungsi sebagai great/asinan merpati hias

2. Suhu sarang tetap hangat dan bersih

3. Terhindar dari kutu burung dan larva lalat 

4. Media Pasir tidak mengalami pembusukan jika dibanding media lain

5. Kotoran merpati hias mudah meresap

6. Tidak perlu diganti, hanya perlu ditambah setiap kali habis produksi.

Nah demikian tadi sedikit wawasan mengenai kelebihan Pasir Sebagai Media Sarang Ternak Merpati Hias, semoga bermanfaat salam kwok-kwok kur dari Merpati Hias Jogja.

Sumber : Tulisan ini saya tulis ulang dan saya edit dari blog Pawiro Brid Farm

Pasir Sebagai Media Sarang Ternak Merpati Hias Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Merpati Hias Jogja
pasang